Acara Pasraman Kilat IPHIDA (Ikatan Pelajar Hindu Dharma) SMK Negeri 1 Mataram

karin2

Laporan: Karin Ekantary, XI Ak

Pasraman Kilat IPHIDA berlangsung sekitar 4 hari yang dimulai dari tanggal 4 s/d tgl 7 Agustus 2013. Pasraman Kilat tahun ini bertempat di Pura Lingkuk Buni, Mataram. Kegiatan Pasraman Kilat ini bertujuan untuk mempererat tali persaudaraan antara sesama anggota IPHIDA yang satu dengan yang lain, khususnya dengan kehadiran siswa baru kelas X
Hari pertama tepat pada tanggal 4 Agustus 2013 pukul 16.00 dilaksanakan acara Pembukaan di Pura Lingkuk Buni yang diawali dengan laporan Ketua Panitia , selanjutnya sambutan  pembina IPHIDA yaitu I Nengah Muditha, dan secara resmi dibuka oleh Kepala Sekolah SMKN 1 Mataram yang diwakili oleh Bapak drs. Putu Dharmaputra.  Selanjtnya dilaksanakan persembahyangan bersama untuk mengawali kegiatan Pasraman Kilat yang akan berlangsung sekitar 4 hari berturut-turut dari pukul 07.00–18.00,

Kemudian di hari ke-dua pada tanggal 5 Agustus 2013 di pagi harinya tepat pukul 07.00 diawali dengan  persembahyangan bersama dan kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi tentang Bhagawadgita yang disampaikan oleh Bapak I Nengah Muditha yang dibantu CO. Pemberian materi ini berlangsung sekitar 2 jam kemudian peserta diistirahatkan 15 menit, setelah itu dilanjutkan dengan Latihan Mekidung selama 2 jam . Sekitar pukul 12.15 Dilaksanakan persembahyangan bersama sekitar 15 menit kemudian  dilanjutkan dengan makan siang .

Materi berikutnya adalahTehnik Dharma Wacana selama 2 jam oleh Bapak I Nengah Muditha yang didampingi CO Acara. Peserta diistirahatkan sekitar 15 menit dan kemudian dilanjutkan dengan materi Aksara Bali yang berlangsung dari pukul 15.15-17.15. Setelah 2 jam berlalu para peserta dan panitia bersembahyang dan berakhirlah kegiatan hari kedua.

Keesokan harinya di hari ke-tiga pada tanggal 6 Agustus 2013 dimulai dengan membuat bayuan kecil yang didampingi oleh panitia kelompok masing-masing peserta. Setelah itu bayuan yang dibuat tadi dihaturkan pada saat persembahyangan bersama. Di tengah-tengah persembahyangan salah seorang peserta mengalami “kerawuhan” , pesan yang disampaikan adalah agar para siswa tidak bermain-mainpada waktu  melaksanakan persembahyangan serta bayuan/banten  yang akan dihaturkan diperciki tirta pelukatan terlebih dahulu. Pada jam 9.15-11.15 dilanjutkan dengan lomba mekidung dan dharma wacana antar kelompok. Diadakannya lomba ini guna menguji mental para peserta agar berani tampil di depan orang banyak. Setelah lomba berlangsung peserta diistirahatkan sekitar 15 menit, sambil menunggu waktu sembahyang kami mengajak para peserta untuk melihat hasil dokumentasi dari pembukaan pasraman sampai pada hari ke-tiga ini. Tepat pukul 12.15 kami melaksanakan persembahyangan bersama sekitar 15 menit, sehabis itu dilanjutkan dengan makan siang .. Acaea tengah hari kedua adalah  Game Education oleh Bapak Nyoman Widiarsana, ST yang didampingi CO. Acara selama 2 jam. Setelah itu peserta diistirahatkan kembali sekitar 15 menit dan baru dilanjutkan lagi dengan materi Keutamaan seorang Brahmacari/Pelajar yang disampaikan oleh Bapak Drs. I Wayan Pura Yasnawan. Setelah 2 jam berlalu acara pada hari ke-tiga ditutup dengan persembahyangan bersama dan para peserta dapat pulang ke rumah masing-masing.

Hari terakhir yaitu hari ke-empat pada tanggal 7 Agustus 2013 di pagi harinya seperti biasa diawali dengan persembahyangan bersama dari pukul 07.00-08.00. Pada hari terakhir ini jam untuk pulang dimajukan lebih awal karena hari ini sekaligus hari Penutupan Pasraman Kilat IPHIDA. Sebelum masuk pada acara akhir yaitu Penutupan masih ada acara lain yaitu OUT BOND (permainan memindahkan bola dengan tali dan memindahkan kelereng dengan bambu) permainan ini berlangsung sekitar 2 jam dari pukul 08.00-10.00. Kemudian peserta diistirahatkan sekitar 15 menit dan dilanjutkan dengan game perkenalan agar kita saling mengenal satu sama lain baik panitia maupun para peserta. Game ini berlangsung sekitar 1 jam. Dan akhirnya sampai pada acara akhir yaitu Penutupan Pasraman Kilat IPHIDA SMK Negeri 1 Mataram. Susunan acara Penutupan Pasraman Kilat IPHIDA yaitu sebagai berikut :

  1. Pembukaaan dengan mengucapkan Purwaka Mantram (Om Awighnam Astu Namo Sidham)
  2. Sambutan dari Ketua Pasraman Kilat
  3. Sambutan dari Kepala SMKN 1 Mataram atau yang mewakili yaitu Wakil Kepala Sekolah Drs. I Wayan Pura Yasnawan sekaligus menutup acara secara resmi.
  4. Pengumuman pemenang lomba
  5. Kesan & Pesan perwakilan dari panitia dan peserta
  6. Penutupan (Persembahyangan bersama & makan siang)

 

PEMENANG LOMBA

 

KIDUNG

NO

NAMA KELOMPOK

JUMLAH NILAI

RATA-RATA

JUARA

1

Yajur Weda

414

82,8

III

2

Reg Weda

405

81

IV

3

Bhagawadgita

453

90,6

I

4

Atharwa Weda

403

80,6

V

5

Sama Weda

433

86,6

II

DHARMA WACANA

NO

NAMA KELOMPOK

JUMLAH NILAI

RATA-RATA

JUARA

1

Bhagawadgita (Surya)

402

80,4

V

2

Atharwa Weda (Ristiana)

415

83

II

3

Yajur Weda (Ayu)

409

81,8

IV

4

Reg Weda (Lanang)

410

82

III

5

Sama Weda (Ade)

432

86,4

I

Acara Pasraman Kilat tahun ini berjalan cukup lancar walaupun terjadi sedikit kendala tetapi itu semua bisa diatasi dengan baik sehingga acara Pasraman Kilat IPHIDA SMKN 1 Mataram tetap berjalan lancar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s